Background

SISTEM BASIS DATA 2

Pengertian Sistem


Ada beberapa macam pengertian sistem menurut berbagai sumber, adapun pengertian-pengertian dari berbagai sumber seperti berikut:
Menurut Prof. Dr. Rusadi Kantrapawira, sistem dapat diartikan sebagai suatu satu-kesatuan yang terbentuk dari beberapa unsur, atau komponen, atau bagian satu dengan yang lain berbeda dalam keterikatan yang kait -mengait dan fungsiaonal. Masing-masing kohesif satu sama yang lain, sehungga ketotalitasan Unit terjaga utuh eksistensinya.
Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yanag terdiri dari komponene atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan (Wikipedia).
Dari berbagai pernyataan dapat disimpulkan bahwa sistem adalah suatu komponen atau elemen yang salaing berkaitan dan saling bekerja sama sesuai dengan aturan yang diterapkan sehingga menghasilkan suatu hasil yang bermanfaat.
Pengertian Sistem Basis Data (SBD)
Menurut (Fathansah) suatu sistem basis data merupakan sistem yang terdiri atas kumpulan file (table) yang saling berhubungan (dalam sebuah basis data di sebuah sistem komputer) dan sekumpulan program (DBMS) yang memungkinkan beberapa pemakai dan atau program lain untuk mengakses dan memanipulasi file-file (table-table) tersebut.
Menurut (Jogiyanto) sistem basis data (database system) adalahsuatu sistem informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi bermacam-macam di dalam suatu organisasi.
Komponen-komponen SBD
Dalam Sistem Basis Data (SBD) terdapat 6 komponen, yaitu:
1.Hardware
Merupakan perangkat komputer standar, media penyimpanan skunder dan media komunikasi untuk sistem jaringan. contohnya: processor, memory dan harddisk.
2. Operating Sistem
Merupakan perangkat lunak yang memfungsikan mengedalikan seluruh sumber daya dan melakukan operasi dasar dalam sistem komputer harus sesuai dengan Database Management System (DBMS) yang digunakan.
3. Database
Yakni basis data yang mewakili sistem tertentu untuk dikelola, sebuah sistem basis data dapat terdiri dari lebih berbagi sistem basis data.
4. Database Management Syestem (DBMS)
Merupakan perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mengelola sistem basis data contoh: dBase, FoxBase, Borland-Interbase, MS SQL Server, sybase dan lain-lain.
5. User (Pengguna SBD)
Orang-orang yang berinteraksi dengan sistem basis data, mulai dari yang merancang sampai yang menggunakn ditingkat akhir.
6. Optional Software
Perangkat lunak pelengkap yang mendukung, yang bersifat opsional.
Abtraksi Data
Abtraksi data adalah tingkat-tingkatan pengguna dalam memanadang bagaimana sebenarnya data itu diolah dalam sebuah sistem basis data (Database), sehingga menyerupai kondisi sehari-hari yang pengguna hadapi. 
Gambar diatas merupakan alur dari sebuah abtraksi data. Terlihat ada beberapa level dalam alur abtraksi tersebut berikut level dan penjelasannya:
1.Level Phisik
Merupakan Lapis terendah dalam abtraksi data, di tahap ini merupakan tahap dimana kita mengetahui bagaimana sesungguhnya data itu disimpan. Dan pada tahap inilah struktur data di jabarkan secara rinci.
2. Level Konseptual
Di lapis ini menjabarkan data apa saja yang sesungguhnya disimpan pada basis data, dan juga menjabarkan hubungan-hubungan antar data secara keseluruhan. seorang pengguna dalam level ini dapat mengetahui sebagai mana data yang telah disimpan.
3. Level Pandangan
Level pandangan atau viem merupakan level tertinggi pada abtraksi data pada level ini pengguna hany mengenal struktur data dalam bentuk yang lebih sederhana, yang berorientasi pada kebutuhan si pengguna. Data yang dikenal si pengguna barangkali dapat berbeda-beda atau hanya mencangkup sebagian kecil dari basis data.
Manfaat Sistem Basis Data (SBD)
  • Kemandirian Data
  • Akses Data Efisien
  • Integritas dan Keamanan Data
  • Administrasi Data
  • Akses Konkruen dan Crash Recovry
  • Waktu Pengembangan Aplikasi Terkurangi
DAFTAR PUSTAKA
  • http://artidari.blogspot.com/2012/04/definisi-sistem-basis-data.html
  • http://asihwinantu.wordpress.com/2008/11/10/abstraksi-data/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem
  • http://vhiecupied28.blogspot.com/2011/09/manfaat-sistem-basis-data.html
  • http://www.gudangmateri.com/2010/04/komponen-sistem-basis-data.htm